Sejarah

Pada awalnya organisasi ini dirintis oleh beberapa mahasiwa yang menyukai kesenian (1986) yang awal pembentukannya dipelopori oleh kelompok Paduan Suara. Pada tahun 1990 dibentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian , akan tetapi Organisasi ini tidaklah berjalan sebagaimana mestinya dan kemudian mati suri  sampai Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Unand dibentuk lagi dan resmi berdiri pada tanggal 11 Juli 1995. Tanggal ini diambil sebagai Hari Jadi UKM Kesenian karena pada hari itulah tanggal SK pertama Kepengurusan Periode 1995-1996 yang di-SK-kan oleh Rektor Unand kala itu, Prof. Dr. Ir. H. Fachri Ahmad, M.Sc.

Dalam perkembangannya UKM Kesenian mulai menapak karier di bidang kesenian dengan membentuk beberapa divisi di dalamnya, antara lain Vocal, Teater, Musik, Tari, dan Seni Rupa. Dari tahun ke tahun UKM Kesenian mulai berkembang dan membuktikan bahwa organisasi ini ada. Pada tahun 2002, UKM Kesenian berubah nama menjadi Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas (UKS-UA), dan pada saat itu juga UKS menambah divisi yaitu divisi Master of Ceremony ( MC).

Dan dengan semangat yang menggelora dari mahasiswa yang bergelut di bidang Kesenian di UKS-UA, pembentukan struktur organisasi banyak melakukan perubahan dan mengukir prestasi di bidangnya.

Pada tahun 2005, UKS-UA kembali menambah divisi, yaitu divisi Event Organizer (EO), akan tetapi divisi ini tidak bertahan lama di UKS karena dianggap kurang relevan sebagai bidang kesenian dan bersamaan dengan itu divisi MC juga dihapuskan (2007). Pada Musyawarah Besar kelima (Mubes V tahun 2008) , UKS-UA menetapkan untuk melakukan perayaan Ulang Tahunnya pada tanggal 11 Desember setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: