Materi Pertunjukan

PENDAHULUAN

Keindahan tidak dapat didefinisikan secara mutlak karena setiap individu memiliki pandangan yang berbeda dalam memaknainya. Keindahan berkaitan dengan cita, rasa, dan karsa seseorang dalam mengungkapkannya, yang bisa dirasakan melalui audio dan visual. Cita, rasa, dan karsa itu sendiri selalu berubah seiring perkembangan zaman tanpa mengubah unsur-unsur yang telah ada sebelumnya. Perubahan dalam berkesenian tidak akan berarti jika masyarakat tidak dapat mengetahui bagaimana cara membawakannya. Oleh sebab itu, dengan perkembangan ini kita bisa membuat suatu inovasi sebagai variasi, bagaimana keindahan itu dapat memberi keajaiban dan ketakjuban kepada setiap insan agar pesan yang terkandung didalamnya bisa tersampaikan dengan baik.

Saat ini banyak pertunjukan seni yang hanya sekedar menawarkan hiburan semata. Hiburan tersebut bersifat monoton karena hanya menawarkan pertunjukan kesenian yang sejenis. Melalui MSH VI kami mencoba menyuguhkan sebuah kolaborasi seni yang selain menawarkan hiburan, juga membuka wawasan masyarakat dalam berkesenian, khususnya masyarakat Kota Padang. Bahwasanya di Kota Padang juga memiliki pilihan hiburan yang mendidik serta perlu diapresiasi lebih baik lagi.

Dan melalui kegiatan ini, kami menampilkan sesuatu yang berbeda, menarik, dan mudah diserap oleh masyarakat sekaligus mensosialisasikannya dengan masyarakat terutama kalangan anak muda pada era global saat ini. Disamping itu, kami juga bertujuan memberikan hiburan kepada masyarakat umum dan kalangan lainnya dengan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Di dalam ruang lingkup UKS-UA, kami memiliki berbagai divisi, yaitu divisi vokal, teater, musik, tari, dan seni rupa. Semuanya terdiri dari berbagai macam warna yang berbeda. Oleh karena itu, kami mengambil judul “CAHAYA DALAM WARNA” agar perbedaan warna tiap divisi dapat dipadukan ke dalam suatu pertunjukan seni sehingga sangat menarik untuk disaksikan oleh masyarakat umum. Dalam acara Malam Sejuta Harapan tersebut, calon anggota UKS-UA akan memberikan keindahan dalam setiap warna dan menjadi simbol pada acara tersebut.

Sebuah keindahan menjadi inspirasi tersendiri bagi calon anggota UKS-UA untuk mengadakan pertunjukan seni yang bertemakan “PELANGI” dengan judul “CAHAYA DALAM WARNA”. Pertunjukan ini merupakan perpaduan penampilan setiap divisi yang ada di UKS-UA. Calon anggota UKS-UA mengambil tema “PELANGI”  karena filosofi tersebut memiliki makna bahwa pelangi itu terdiri dari bermacam-macam warna berbeda dan selalu hadir dalam satu garis spektrum. Selain itu, kehadiran pelangi selalu dinanti oleh jutaan orang yang merindukannya. Kemunculan pelangi menarik perhatian setiap insan, keajaiban sesaat namun selalu ditunggu. Dari filosofi ini kita dapat menarik penonton untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Kami mengambil judul “CAHAYA DALAM WARNA” karena perbedaan warna jika dipadukan akan menghasilkan sebuah keindahan. Begitu juga manusia, walaupun memiliki karakteristik yang berbeda dan jika dipadukan dalam satu kesatuan akan melahirkan kedamaian dan itulah interpretasi dari “CAHAYA DALAM WARNA”.

Daya tarik MSH VI UKS-UA Tahun 2009 terletak pada pertunjukkan yang dikemas dengan konsep yang sangat berbeda, menghadirkan bentuk pertunjukan dari kelima unsur UKS-UA, yakni divisi vokal dengan paduan suara dan solo song, serta vocal groupnya, divisi musik dengan ensamble percussion, divisi teater dengan pertunjukan teaternya, divisi tari dengan tari kreasi tradisi dan modernnya, dan divisi seni rupa dengan seni lukis, seni instalasi, komik strip, film pendek, dan desain grafisnya, dikolaborasikan secara proporsional di atas panggung.

MSH VI UKS-UA menampilkan bermacam bentuk pertunjukan, yakni penampilan band, paduan suara, tari modern dan kreasi tradisi dan penampilan band bintang tamu. Kami menampilkan bentuk pertunjukan yang berbeda di dalamnya yang tersirat nilai-nilai moral, nasionalisme, dan kemanusiaan. Acara MSH VI UKS-UA tahun 2009 ini mampu menarik perhatian masyarakat umum Kota Padang khususnya, dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya. Mengingat cukup minimnya pertunjukan seni yang dihadirkan di Kota Padang, kami sebagai calon anggota UKS-UA  membuat gebrakan baru dalam menarik simpati masyarakat.

MATERI ACARA

  1. Pembukaan (Tari Pasambahan)
  2. Paduan Suara
  3. Ensamble Percussion
  4. Pertunjukan Teater
  5. Gallery Kreatifitas Seni Rupa
  6. Dance Balancing Performance
  7. Penampilan Acara Puncak “CAHAYA DALAM WARNA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: